International, News, Politik

Insiden Maut, Pesawat Militer Jatuh Ke Area Permukiman Warga Di Rawalpindi 17 Tewas

Moria | Selasa 30 Jul 2019 11:08 WIB | 347



Sebuah pesawat militer berukuran kecil jatuh ke area permukiman warga di Rawalpindi, Pakistan (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Islamabad - Sebuah pesawat militer berukuran kecil jatuh ke area permukiman warga di Rawalpindi, Pakistan. Sedikitnya 17 orang tewas dalam insiden maut ini.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/7/2019), dalam kecelakaan yang terjadi pada Selasa (30/7) dini hari waktu setempat, pesawat militer ini jatuh ke sebuah desa miskin yang lokasinya dekat dengan sebuah kawasan menengah atas di Rawalpindi, yang dikenal sebagai lokasi markas militer Pakistan. 

"Sebuah pesawat kecil jatuh ke area permukiman," ujar juru bicara dinas penyelamat setempat, Farooq Butt, dalam pernyataannya. 

"Sejauh ini kami telah mengevakuasi 17 jenazah, termasuk 12 warga sipil dan lima awak," sebut Farooq.

Farooq menambahkan bahwa 12 orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden ini. 

Pesawat yang jatuh itu dipastikan milik militer Pakistan. Laporan menyebut pesawat sempat memicu bola api di angkasa saat jatuh. 

Seorang reporter AFP di lokasi kejadian melaporkan bahwa asap pekat masih tampak membubung dari puing-puing pesawat. Jatuhnya pesawat ini memicu kerusakan terhadap sejumlah rumah di area tersebut. 

Otoritas militer setempat telah mengamankan lokasi kejadian, dengan warga setempat berdiri di dekat lokasi dan beberapa orang tampak menangis.

Salah satu warga setempat menuturkan kepada AFP bahwa insiden ini terjadi pada Selasa (30/7) dini hari sekitar pukul 02.00 waktu setempat. 

"Saya terbangun mendengar suara ledakan yang keras. Saya keluar rumah dan melihat kobaran api besar dan kami bergegas ke lokasi," ujar salah satu warga bernama Mohammad Sadiq.

Pakistan selama ini diketahui memiliki catatan yang tidak cukup baik terkait keselamatan, dengan beberapa insiden jatuhnya pesawat dan helikopter tergolong sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. 

Tahun 2016 lalu, sebuah pesawat maskapai Pakistan International Airlines terbakar setelah salah satu mesinnya mati di udara. Lebih dari 40 orang tewas dalam insiden yang terjadi saat pesawat mengudara dari pinggiran utara Pakistan ke Islamabad.

(***/detiknews)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait