Nasional , News

Peserta BJRB Mendapatkan Penngarahan Dari Kepala Departemen Operasi KRI Dewa Ruci

Juliadi | Senin 29 Jul 2019 09:23 WIB | 1848




MATAKEPRI.COM, Manado  - Sebanyak 51 orang putra putri anggota TNI Angkatan Laut dan pendamping yang tergabung dalam Bintal Juang Remaja Bahari mengikuti pelayaran menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci. Sabtu (28/7/2019).


Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta kebaharian kepada para remaja serta memberikan pengenalan secara langsung dari dekat tentang Kapal Legenda KRI Dewa Ruci. 


Baca juga : Danlantamal VIII Perintahkan Pom Razia THM Manado


Dalam pelayaran tersebut KRI Dewa Ruci yang dikomandani Mayor Laut (P) Hastaria, SE., bertolak dari Perairan Teluk Manado menuju Pelabuhan TNI Angkatan Laut Samuel Languyu Bitung. Kapal yang menjadi legenda TNI Angkatan Laut tersebut mengangkut 51 orang terdiri dari 21 putra dan 19 putri anggota Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII didampingi 11 orang pendamping yang dipimpin Paban Proga Srena Lantamal VIII Letkol Laut (S) Drs. Laurentius Pongky Ari A.


Saat pelayaran dari Teluk Manado menuju Bitung para peserta BJRB mendapatkan pengarahan dari Kepala Departemen Operasi KRI Dewa Ruci tentang Alat Keselamatan berupa life jacket dan fungsi dari sekoci darurat (life craft) jika sewaktu-waktu Kapal mengalami kebakaran dan kebocoran sehingga harus melaksanakan peran peninggalan kapal.


Selain itu para peserta juga diberikan  pengenalan serta fungsi masing dari alat-alat navigasi diantaranya radar, kompas, kemudi, echosounder (alat untuk melihat kedalaman laut), bendera isyarat, dan jumlah layar yang dimiliki KRI Dewa. Dan tidak kalah menarik ketika peserta BJRB diajak untuk turut membantu bagaimana cara menarik tali tiang layar serta mengembangkan layar Kapal Legendaris KRI Dewa Ruci yang berbendera Tengkorak Kepala Manusia di lanjutkan Lomba keberanian naik tangga Tiang Bima,Tiang Arjuna dan Tiang Yudistira dalam rangka pengenalan Latihan Peran Parade Roll.(Penlantamal VIII).



Share on Social Media