International, News, Politik

Rusak Perdamaian, Uni Eropa : Hentikan Penghancuran Rumah Warga Palestina Di Yerusalem

| Selasa 23 Jul 2019 17:21 WIB | 3225



Penghancuran Rumah Warga Palestina Di Yerusalem (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Yerusalem - Uni Eropa menyerukan Israel untuk segera menghentikan penghancuran rumah-rumah warga Palestina di wilayah Yerusalem. Uni Eropa menegaskan, penghancuran rumah-rumah tersebut merusak harapan akan adanya perdamaian abadi di wilayah tersebut.

"Sejalan dengan posisi Uni Eropa sejak lama, kami berharap otoritas Israel segera menghentikan penghancuran yang tengah berlangsung," ujar juru bicara kebijakan luar negeri Uni Eropa seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (23/7/2019).

"Kelanjutan kebijakan ini merusak kelangsungan solusi dua negara dan prospek untuk perdamaian abadi dan secara serius membahayakan kemungkinan Yerusalem menjadi ibukota masa depan kedua negara," imbuhnya.

Sebelumnya pada Senin (22/7), Israel telah mulai menghancurkan sejumlah rumah warga Palestina yang dianggapnya ilegal di wilayah selatan Yerusalem dan terlalu dekat dengan tembok pemisah di daerah yang diduduki Israel di Tepi Barat.

Palestina mengecam penghancuran rumah di Sur Baher, di ujung Yerusalem timur itu dan akan mengajukan keluhan ke Mahkamah Kejahatan Internasional atas langkah Israel tersebut.

Penduduk Palestina mengatakan mereka mendapat izin untuk membangun oleh Otorita Palestina dan mereka menuduh Israel berupaya merebut tanah di Tepi Barat. Namun Mahkamah Agung Israel menyatakan rumah-rumah itu merupakan ancaman keamanan.

Sekitar 700 polisi dan 200 tentara Israel dilibatkan dalam operasi penghancuran rumah-rumah di desa Wadi Hummus, di kawasan Sur Baher tersebut. Mereka membawa alat-alat berat termasuk buldoser dan menghancurkan 10 bangunan.

(***/detiknews)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait