News, Ekonomi, Politik

Sampah Sungai Citarum Disorot, Pemprov Jabar Dapat Dana Rp 1,4 Triliun Dari Bank Dunia

| Selasa 11 Jun 2019 12:59 WIB | 3986



Gubernur Jabar Ridwan Kami (istimewa)


Matakepri.com, Bandung - Belakangan ini sampah sungai Citarum jadi sorotan internasional. Terkait hal ini, Pemprov Jabar akan mendapat suntikan dana Rp 1,4 triliun dari bank dunia. Kucuran dana besar itu dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan sampah sungai Citarum.

Dalam waktu dekat Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan persentasi ke pemerintah pusat dan bank dunia mengenai pemanfaatan dana bantuan tersebut.

"Kita dapat dana dari bank dunia Rp 1,4 triliun. Dalam waktu satu minggu ini, kita harus presentasi ke pemerintah pusat dan bank dunia, uang Rp 1,4 triliun buat apa saja," kata Ridwan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (11/6/2019).

Emil sapaannya menuturkan dana bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk edukasi, infrastruktur wilayah, lokasi pemilihan sampah. Termasuk pengadaan teknologi sampah, dan fasilitas daur ulang menjadi bahan bakar.

Dia menjelaskan akan berkoordinasi dengan pemerintah kota dan kabupaten yang dilewati sungai Citarum untuk agar dana bantuan tersebut efisien.

Image result for Sampah Sungai Citarum Disorot

"Nantinya baik untuk menambahi truk sampah, membenahi manajemen sampah, mengatur zona-zona daur ulang sampah, dan lain-lain," tutur dia.

Menurutnya pihaknya akan segera mencari lokasi strategis untuk memfasilitasi daur ulang sampah menjadi bahan bakar. Termasuk membahas pemilihan teknologi yang akan digunakan nantinya.

"Teknologi apa pun bisa dipakai, yang penting bisa menuntaskan masalah sampah (Citarum)," kata Emil

Progres penataan sungai Citarum semakin optimal sejak pemerintah pusat fokus membenahinya. Apalagi, semenjak Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi salah satu elemen dalam masalah teknis.(**)

Sumber : detik.com



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait