Batam, News

Empat Alat Berat Perbaiki Drainase, Agar Warga Terhindar dari Banjir

| Rabu 29 May 2019 22:10 WIB | 3646

Banjir/Bencana alam


salah satu escavator yang sedang bekerja di Perumahan Medio Raya


MATAKEPRI.COM Sagulung - banjir yang sering terjadi di kawasan Sagulung saat Hujan dengan intensitas tinggi, membuat pihak kecamatan Sagulung harus memperbaiki saluran drainase yang telah mengecil atau tersumbat oleh lumpur maupun Sampah.


Perbaikan drainase ini telah berjalan lebih kurang selama sepekan terakhir. Hingga kini perbaikan drainase di berbagai wilayah Sagulung masih terus di lakukan. Hal tersebut di sampaikan langsung oleh lurah Tembesi, Muhammad Hafiz.


Hafiz mengatakan, dalam proses perbaikan ini, pihak nya langsung berkoordinasi oleh dinas Bina marga kota Batam, dan mendapatkan bantuan 2 alat berat.


" Alhamdulillah, permintaan kita di sambut baik oleh pihak bina marga. Dan pengerjaan ini hingga saat ini masih berlangsung. Perbaikan dari mulai drainase juga memperbaiki gorong-gorong yang menuju Perumahan " Ucapnya pada Rabu, (29/5).


Salah satunya perbaikan drainase ini berlokasi di jalan Trans Barelang kelurahan Tembesi yang juga tepatnya saluran drainase di depan pintu masuk Perumahan Medio Raya dan didepan perumahan Cipta Asri.


Konsentrasi proyek ini adalah untuk memperbaiki drainase, dari mulai pelebaran saluran air atau menganggu gorong-gorong dengan ukuran yang lebih besar. Hal tersebut di harapakna bisa menghindari air meluap hingga ke bahu jalan atau ke tengah jalan.


" Iya sudah dikerjakan, dan ini merupakan salah satu upaya kita agar pelintasan air antara perumahan dan jalan menjadi lancar " ujarnya.


Hafiz juga menambahkan, untuk kedepannya pengerjaan akan memproyeksikan pembangunan box culvert untuk mengganti gorong-gorong supaya ukuran saluran tersebut menjadi Ebih besar.


" Proyeksi saluran drainase ini merupakan jangka panjang. Agar warga tak terkena dampak banjir yang ganggu aktifitas warga " lanjutnya.


warga Sagulung menyambut dengan baik upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam untuk persoalan banjir yang kerap terjadi ketika hujan deras turun salah satunya di daerah Tembesi, Sagulung.


" Mudah-mudahan tak banjir lagi, kalau sudah ditangani seperti ini cepat tanggap seperti ini jadi warga tak khawatir akan banjir lagi " ucap Wahyu, warga Tembesi.


Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Sagulung, Jamil mengatakan untuk memperbaiki atau meningkatkan drainase di Sagulung ini kita kerahkan 4 unit alat berat yakni 1 unit Escavator ampibi, 1 unit yang Escavator dengan ukuran besar dan 2 unit lagi yang berukuran sedang. Untuk pengerjaannya, sudah dilakukan di dua lokasi yang berbeda seperti di kelurahan Tembesi dan Sei Lekop.


" Hingga saat ini kita sudah gunakan 4 alat bwrapat dalam proses perbaikan drainase tersebut. Di harapkan ini bisa berjalan dengan cepat. Dan semoga bisa berdampak baik bagi masyarakat " harapnya. (CW6)



Share on Social Media