Batam, News, Hukum & Kriminal

Bawaslu Batam pastikan Pleno Buat Caleg Bermasalah

| Senin 29 Apr 2019 21:53 WIB | 3548



Komisioner Divisi hukum Bawaslu Batam Mangihut Rajaguguk (Foto:Agung /Matakepri.com)


MATAKEPRI.COM, Batam - Beberapa Caleg yang terindikasi melakukan Money politics telah dilakukan investigasi oleh Bawaslu kota Batam, dan Bawaslu juga akan segera lakukan Rapat pleno. Caleg yang tersandung dalam kasus ini ialah Caleg DPR yang berinisial AA dari Partai PAN. hal tersebut di sampaikan langsung oleh Komisioner Divisi Hukum Bawaslu kota Batam, Mangihut Rajaguguk pada Senin (29/4) saat dihubungi via telefon.


Kepada matakepri.com, Mangihut mengatakan akan melakukan rapat pleno terkait Caleg yang melakukan money politics dalam waktu dekat ini.


Karena pihak nya telah melakukan investigasi atas dugaan money politics yang di lakukan oleh AA. sejauh ini memang pihak nya belum menemukan uang sebagai mana yang di duga beberapa saat lalu.


"Untuk kasus ini kami(Bawaslu) telah rencana rapat pleno,bahkan untuk investigasi sudah dilaksanakan, " ujar Manglihut.


Meskipun demikian, Mangihut mengatakan pihak Bawaslu  telah mengamankan sejumlah barang bukti, seperti jilbab, kartu nama bahkan contoh surat suara yang berkaitan dalam kasus tersebut.


Menurut Mangihut, seluruh barang bukti tersebut di berikan oleh AA selama masa kampanye , bukan dalam masa tenang.


"Untuk kasus AA kamu memeng tidak menemukan sejumlah uang, akan tetapi BB kami temukan berupa benda yang dibagikan ke warga," tuturnya


Beberapa waktu lalu diketahui, bahwasanya Bawaslu Batam mengaku telah menemukan sejumlah tindakan-tindakan Money politics selama pileg 2019. Temuan dari Bawaslu adalah money politics dengan sistem paket, yang berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribu yang di berikan oleh orang kepercayaan mereka kepada warga yang mempunyai Hak pilih.

"Kasusnya NN Caleg DPR Provinsi Partai Gerindra yang bukti berupa video yang sempat heboh juga akan kami pleno kan, kasus NN Video jelas dan pergunakan sistem Paket dengan nominal Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribu," ujarnya

Beberapa Caleg yang diindikasikan melakukan money politic tersebut, yaitu Caleg DPR RI PAN berinisial AA, Caleg DPRD Batam PAN berinisial SH, Caleg Gerindra DPR Provinsi NN, Celeg DPRD Batam Gerindra berinisial AS, hingga caleg DPR Provinsi PPP berinisial IR.

"Rapat pleno Bawaslu Batam bukan cuma bahas Caleg AA dan NN saja, rapat tersebut juga akan membawa nama Caleg-Caleg lain juga yang sudah kami investigasi dan pasti dengan barang bukti yang ada," tutup Mangihut (CW6)



Share on Social Media