Batam

Polda Kepri dan BKSDA lakukan penangkaran 118 ekor penyu dipulau Mencaras

| Selasa 23 Apr 2019 00:39 WIB | 3571

Polda Kepri


Dir Polair Polda Kepri, Kombes Pol Benyamin Sapta T., Sik., M.Si saat press conference di KL Baladewa Senin (21/4) kem


MATAKEPRI.COM, BATAM - Polda kepri bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) untuk melakukan penangkaran 118 ekor penyu di pulau mencaras, Hal ini disampaikan oleh Dir Pol Air Polda Kepri, Kombes Pol Benyamin Sapta T., Sik., M.Si, Senin (22/4).


Setelah berhasil menggagalkan perdagangan penyu di Pantai Mata Ikan Tanjung Piatu Laut, Pihak Pol Air Polda Kepri mengamankan barang bukti berupa satu unit truk dan 148 ekor penyu, Namun saat diamankan sudah ada 30 ekor penyu yang mati, 


Saat press release di Batu Ampar,  Dir Polair Polda Kepri, Kombes Pol Benyamin Sapta T., Sik., M.Si mengatakan, "Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah penyu yang mati pihak kepolisian langsung berkordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk melakukan penangkaran terhadap 118 ekor penyu yang masih hidup". Senin (20/4)


Konservasi ini dilakukan karena melihat masih banyaknya penyu yang tidak sehat dan luka akibat perburuan yang dilakukan oleh pelaku.


"Banyak penyu - penyu yang tidak sehat saat kita amankan kemaren, jadi kita konservasi dulu di pulau mencaras, Setelah sehat baru kita lepaskan ke habitatnya," ujar Benyamin.


Penyu yang berjumlah 118 ekor ini terdiri dari 39 ekor jenis penyu sisik dan 79 ekor jenis penyu hijau, Untuk saat ini penyu - penyu tersebut sudah di konservasi dipulau Mencaras. (CW7)



Share on Social Media