News, Politik

Hari Terakhir Masa Kampanye Terbuka, Paslon 01 Meriahkan Di Gelora Bung Karno

| Selasa 09 Apr 2019 15:55 WIB | 4926



Jokowi dan Maruf Amin (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Sabtu (13/4) Paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, akan mengadakan kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Kegiatan tersebut dilakukan di hari terakhir masa kampanye terbuka.

Kampanye tersebut bukan hanya orasi dari Jokowi dan Ma'ruf namun akan dimeriahkan sejumah hiburan. Mulai dari konser hingga keberadaan festival kuliner.

“Yang pasti keberagaman pada kampanye akbar Pak Jokowi-Kiai Maruf di GBK tanggal 13 besok akan kami tampilkan ya. Intinya kita memastikan acara kita gembira dan semua rakyat bisa terlibat apapun sukunya, apapun agamanya, apapun pekerjaannya, semuanya akan bersatu dengan bersama-sama,” terang juru bicara TKN Arya Sinulingga, Senin (8/4).

Berikut lima skenario kampanye Jokowi-Ma'ruf di GBK:

1. Bertajuk Konser Putih Bersatu

Kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf dinamai 'Konser Putih Bersatu'. Jubir TKN Arya Sinulingga menyebut rencananya seluruh peserta kampanye akbar Jokowi di GBK mengenakan pakaian putih. Hal itu selaras dengan warna surat suara Jokowi-Ma’ruf yang berwarna putih. 

“Tapi kita tetap menghargai keberagaman. Kenapa baju putih? Karena nantinya yang akan dicoblos itu baju putih pada saat di TPS," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua TKN Erick Thohir menyebut kampanye Jokowi-Ma'ruf di GBK akan diselenggarakan secara besar-besaran. 




"Konser itu akan digelar besar-besaran. Saya tidak mau bicara angka. Pastinya, ini akan menjadi pesta penutup kampanye terbuka paslon 01 yang sangat luar biasa. Kami di TKN berharap dengan pentas musik ini, sekaligus penutup kampanye, masyarakat memasuki masa tenang dan bersiap menuju ke TPS pada 17 April untuk mencoblos nomor urut 01," kata Erick pada Selasa (2/4). 

2. Diramaikan 500 artis dan seniman

Selain kampanye, acara akan diisi oleh konser yang digagas sejumlah musisi, seniman, dan relawan yang tergabung dalam gerakan #BarengJokowi. Di antaranya grup musik Slank, musisi Addie MS, penyanyi Memes, komedian Arie Kriting, hingga mantan perenang nasional Richard Sam Bera. 

Inisiator konser, Abdee Negara, menuturkan setidaknya ada 500 artis, musisi, seniman dan budayawan yang akan hadir. 




"Yang sekarang tergabung hampir 500 seniman, budayawan, artis, dan angka ini terus bertambah. Kita berharap dan yakin acara nanti berlangsung meriah dan penuh kebahagiaan," kata Abdee dalam jumpa pers di Menara BTPN, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4).

Ia menuturkan, selain penampilan dari para musisi dan seniman, konser juga akan menampilkan pertunjukan dari ratusan komunitas lainnya. "Rencananya mau membawa atraksi unik dalam acara nanti," tutur gitaris Slank tersebut. 

3. Diramaikan Festival Kuliner

Kampanye Jokowi-Ma'ruf juga akan dimeriahkan oleh festival kuliner nusantara. Untuk mengatur itu semua, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Paulus mengatakan massa pendukung akan dibagi ke dalam tiga ring, yaitu ring dalam stadion, ring luar stadion, dan ring lingkar jalan luar GBK.

"Tanggal 13 itu (areanya) dibagi tiga ring. Ring pertama dalam GBK. Ring kedua itu di luar GBK dalam pagar, sebelum jalan. Dan ring Ketiga pada jalan," kata Lodewijk di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin, (8/4).

Ring pertama akan difungsikan untuk panggung utama kampanye akbar. Sementara ring kedua untuk area festival kuliner nusantara. Lalu, di ring terluar, diatur untuk menampung para kader partai koalisi (PDIP, Golkar, PKB, PSI, Perindo, PPP, PBB dan Hanura).

“Pada ring tiga nanti juga akan menghadirkan para kader partai, mulai nanti dari Bundaran Hotel Indonesia sampai nanti ke Patung Pemuda Senayan. Kemudian seputaran dari GBK, itu dari Semanggi kemudian terus ke TVRI, TVRI kemudian ke hotel Mulia, Asia Afrika, sampai ke Hotel Century," rinci Lodewijk.

4. TKN Optimistis Massa Lebih Banyak 3 Kali Lipat dari Kampanye Prabowo

Dewan Penasehat TKN Jokowi-Ma'ruf, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, optimistis massa di kampanye akbar paslonnya akan lebih banyak daripada kampanye Prabowo-Sandi. 

"Jumlahnya akan tiga kali lipat, akan lebih gede," ucap Cak Imin optimistis usai menghadiri acara Majelis Taklim Bersholawat di Istora Senayan, Jakpus, Senin (8/4). 



Cak Imin percaya, massa tidak hanya akan memenuhi GBK. Tetapi, akan meluber hingga bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Malah kemungkinan, kemungkinan nih, massa sampai HI. Insyaallah," tuturnya.

5. 380 Ribu Orang Sudah Daftar Ikuti Kampanye

Inisiator acara, Abdee Negara, mengatakan kampanye Jokowi-Ma'ruf di GBK akan dihadiri 1.000 perwakilan tokoh masyarakat dan ratusan komunitas. Mulai dari kelompok alumni, pegiat fotografi, hingga komunitas bela diri.

Namun, gitaris grup band 'Slank' itu mengaku pihaknya tidak menargetkan jumlah peserta yang hadir.

"Dari pendaftaran yang sudah masuk selama ini, kalau dari data yang mereka masukkan sudah mencapai 380 ribu orang," kata Abdee dalam konferensi pers di Menara BTPN, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/5).

Abdee menuturkan, jumlah tersebut masih kemungkinan akan terus bertambah. Namun menurutnya, jumlah peserta yang hadir diperkirakan akan lebih sedikit dari total peserta yang mendaftar. 

"Dari panitia mungkin yang akan hadir sepertiganyalah. GBK itu jumlah penonton normalnya sekitar 120 ribu orang dengan kepadatan 4 orang per meter. Kalau terpakai semua sudut mungkin 150 ribu orang," tutur Abdee. 

"Kalau satu juta (orang) saya rasa enggak mungkin, ya. Karena itu kapasitas GBK seperti itu. Target kita sesuai kapasitas saja," tambahnya. (**)

Sumber : kumparan


Share on Social Media