Batam

PT CHZ Perusahaan Bioteknologi Pertama Di Batam

Juliadi | Kamis 21 Feb 2019 20:49 WIB | 4094

Lingkungan Hidup



MATAKEPRI.COM, Batam - Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri bioteknologi yakni, PT Citra Harapan Zims (CHZ) menghadirkan produk terobosan yang alami dan tidak berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup. Hal tersebut di sampaikan President Director PT CHZ, Syaugi Mohdar, Kamis (21/2/2019).

ia mengatakan, perusahaan bioteknologi ini menjadi pelopor dan pertama kali dia dirikan di Batam, karena Batam menjadi lokasi pertama didirikannya perusahaan ini, salah satunya karena dia mempunyai hubungan emosional di Batam.

Menurutnya Batam juga merupakan pintu gerbang internasional, dimana Batam bersebelahan dengan Singapura dan Malaysia. Selain itu, Batam juga mampu memenuhi kebutuhan bahan baku industri ini.

Baca Juga: BNNP Kepri Mengamankan 2 Oknum Guru SD, Memakai Sabu Sebelum Mengajar

Ia menambahkan produk yang akan diproduksi yakni pertama Agrizymes, merupakan produk yang diciptakan untuk mengubah bahan kimia berbasis pestisida pertanian ke pertanian organik bebas bahan kimia.

Produk ini untuk meningkatkan hasil pertanian, peternakan, perkebunan, dan bisa menghilangkan penggunaan pestisida kimia dan antibiotik hewan. 

Kedua Aquazymes, produk ini untuk industri perikanan. Aquazymes dapat mengurangi tekanan amonia dan mengubah bahan kimia beracun menjadi bentuk yang tidak berbahaya. lni dapat digunakan dalam perikanan, peternakan aquaponics dan akuarium untuk meningkatkan kualitas air.

Ketiga produk pembasmi serangga dan pengolah limbah yang dinamai Enerzymes. Enerymes ini dapat menjadi penghilang bau tengik dalam limbah fasilitas manajemen, tempat pembuangan limbah dan peluncuran sampah rumah tangga serta juga dapat mengusir serangga.

Keempat produk aditif biodiesel dan biofuel bermutu tinggi yang meningkatkan efisiensi mesin dan mengurangi polusi emisi. Produk yang dinamai dengan Max ini merupakan model produksi biofuel pertama di dunia yang melakukannya tidak menghasilkan gliserol yang beracun bagi lingkungan hidup.

ia juga mengatakan untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan produk yang diciptakan melalui kombinasi ilmuan yang telah berpengalaman ini, juga akan menyasar sampai ke luar negeri. (Adi) 



Share on Social Media