Lingga

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Polres Lingga Gelar Bakti Kebersihan

| Kamis 21 Feb 2019 16:25 WIB | 2909




MATAKEPRI.COM, Lingga - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Polres Lingga menggelar kerja bakti membersihkan pantai, Kamis (21/02/2019).

Kerja Bakti kali ini dilaksanakan di Pantai Sergang, Kec. Singkep dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K., M.T.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lingga mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih baikĀ  lagi dalam pengelolaan sampah sehingga memiliki nilai ekonomis dan menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

"Diera modern sekarang ini Pemerintah sudah banyak melakukan inovasi untuk menanggulangi berbagai macam bentuk dan berbagai macam banyak sampah. Kita mengenalnya dengan 4 R yaitu Replace, Reduce, Recyle, dan Reuse" ucap Kapolres Lingga.

Replace dapat diartikan dengan menganti bahan bahan yang berbahan plastik dengan bahab logam, kaca, dan kertas. Reduce diartikan mengurangi penggunaan bahan plastik. Recycle diartikan mendaur ulang bahan bahan plastik menjadi bahan yang berguna, Reuse diartikan menggunakan kembali bahan bahan hasil daur ulang.

Selain itu, Kapolres Lingga juga menambahkan bahwa untuk Menjaga lingkungan itu dapat dilakukan dari hal hal kecil, mulai dari membongkar tempat sampah, memilah sampah organik dan anorganik serta menjaga kebersihan lingkungan.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Lingga juga mengundang Akari Ceq'Connon untuk bersama sama mengaplikasikan inovasi 4 R dengan cara membuat kostum karnaval dari bahan sampah hasil Recyle, yang dapat diartikan bahwa dari bahan dasar sampah dapat digunakan kembali dan menjadi kostum karnaval sehingga dapat mengurangi limbah sampah.

Diakhir sambutannya, Kapolres Lingga menekankan bahwa menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai warga Negara Indonesia.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, Wakapolres Lingga Kompol Ferri Aprizon S.E., PJU Polres Lingga, Danlanal Dabo Singkep diwakili oleh Letda Laut Sunarto, Danramil Dabo Singkep Kapten ARM Ismarli Koto, Kepala Cabang Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, PLH. Ka Imigrasi Dabo Singkep, Kepala Unit Basarnas Cabang Tanjung Pinang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lingga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Perwira Polres Lingga, Kades Se-Kecamatan Singkep, Personil Polres Lingga, SMU dan SMK Se-Kecamatan Singkep. (NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait