Lingga, News

Polres Lingga Melaksanakan Kegiatan Fokus Group Discussion (FGD)

| Kamis 10 Jan 2019 15:29 WIB | 3221



Polres Lingga melaksanakan kegiatan Fokus Group Discussion


MATAKEPRI.COM, Lingga - Polres Lingga melaksanakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) dalam rangka memelihara kamtibmas yang kondusif dalam bingkai NKRI di Kabupaten Lingga, bertempat di Hotel Prima Inn DaboSingkep Kamis (10/01/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh, Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K., M.T., Kepala Kesbangpol Kab. Lingga yang diwakili oleh Kabid Kesatuan Bangsa *lBapak Darmawan, S.Pdi, M.IP,

Ketua Umum LAM Kepri Kab. Lingga Datok H. Ir. Muhammad Ishak, M.M, 

Kepala Lapas Dabo Singkep, Dewanto,Danramil Dabo Singkep yang diwakili oleh SERKA Zulkifli, Kasatpol PP Kab. Lingga, Said Rudi Palo, PJU Polres Lingga, Camat Singkep, Camat Singkep Barat, dan Camat Singkep Pesisir, Lurah Dabo dan Lurah Sei. Lumpur, Kades se-Kec. Singkep dan Singkep Pesisir, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat, Guru SMP, SMA, dan SMK.

Kepala Kesbangpol Lingga menyampaikan,

Gangguan kamtibmas ada banyak beberapanya ialah penyalahgunaan medsos (Hoax), demo anarkis, balapan liar/geng motor, konflik agama, tawuran/perkelahian masal. Oleh sebab itu, Tanggung jawab masalah keamanan bukan hanya Polri semata, akan tetapi melibatkan stake holder lainnya, instansi/lembaga, dan organisasi kemasyarakatan.

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho,  S.I.K, M.T, mengatakan bahwa Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik, banyak suku, ras, agama, dan budaya di Indonesia ini. Tujuan NKRI pada dasarnya ialah melindungi segenap bangsa Indonesia, sesuai dengan UUD 1945

Selanjutnya Kapolres Lingga menambahkan bahwa Polres Lingga melaksanakan berbagai cara dalam upaya menjaga HARKAMTIBMAS di wailayah Kab. Lingga.

Secara Preemtif, Upaya preemtif dilakukan dengan melakukan kegiatan penyuluhan, besambang bercerita, subuh keliling, jumat keliling, bahkan hingga minggu keliling.

"kegiatan ini telah kita laksanakan setiap harinya, bahkan nntinya apabila ada putra daerah yang beragama lain mendaftar sebagai polisi lalu kembali di tempatkan di kab. Lingga, maka saya akan kembali membuat program himbuan kamtibmas di tempat personil tersebut beribadah/ sembayang seperti halnya jumat keliling dan minggu keliling, namun dalam versi agamanya".

Secara Preventif, Upaya preventif dilakukan dengan melaksanakan PATROLI BLUE LIGHT, TILANG, SIDIK TINDAK PIDANA, dan LAKA LANTAS

" Tindakan tilang yang kita berikan kepada  bukan karna kita membenci melainkan untuk menjaga keselamatan bersama".

Selain melaksanakan tindakan preemtif dan preventif, Polres Lingga juga memiliki Satgas Nusantara dimana dalam kesehariannya Satgas Nusantara tersebut berfungsi menjaga keutuhan NKRI dari perpecahan.

Satgas Nusantara tersebut terdiri dari :

1. Manajemen Media

2. Manajemen Sosial

3. Manajemen Kemitraan

4. Manajemen Gakkum

*" Satgas nusantara Polres Lingga memiliki cybertroops berjumlah 182 personil, cybertroops ini bertugas sebagai pembasmi Hoax"

Tidak sampai disitu, Kapolres Lingga juga mensosialisasikan UU ITE kepada para undangan. 

Para media cetak dan online juga diajak Kapolres untuk tetap membuat berita yang menyejukkan hati masyarakat.

*Mari kita jaga NKRI, Menjaganya bukan hanya dari luar, namun dari dalam juga*(NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait