Lingga, News

Kajang Adalah Khas Kerajinan Tangan Masyarakat Desa Tinjul

| Minggu 06 Jan 2019 08:54 WIB | 3599



kajang


MATAKEPRI.COM, Lingga - Daun dan Akar bersejarah di Bunda Tanah Melayu masih membuahkan hasil bagi Kerajinan tangan warga Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga Kepri, yaitu dengan membuat kajang dari turun ke murun, yang biasa di gunakan masyarakat setempat untuk menjemur Ikan Bilis/ Tri.

Salah satu kerajinan tersebut merupakan pekerjaan masyarakat Desa Tinjul dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, inilah sumber mata pencarian kami masyarakat Desa Tinjul kata Abdullah kepada Mata Kepri Com melalui via WhatsAppnya, Sabtu (05/01/2019).

Dirinya memapar kan tentang kerajianan warga di desa nya tentang dalam hal pembuatan kajang tersebut ramai di minat orang, sering di pesan untuk di bawah keluar daerah seperti di kirim ke tanjung pinang dan ketempat - tempat lain nya." Ungkap nya.

Kajang ini banyak untuk ke gunaan nya, salah satu untuk menjemur ikan teri (bilis), dan untuk lain- lain nya, kajang ini di buat dari daun mengkuang dan tali pengikat nya dari rotan.

Harapan warga desa tinjul kecamatan singkep barat ini meminta pihak pemerintah daerah agar bisa memperhatikan di bidang usaha kecil ini, barang kali bisa memberi pinjaman modal untuk mengembangkan usaha kajang tersebut.(NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait