News, Kesehatan

Cuma Lakukan 5 Disiplin Diri Ini Beberapa Penyakit Kamu Bisa Sembuh

| Kamis 20 Dec 2018 16:08 WIB | 2805



(istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam  - Banyak kebiasaan disiplin yang mudah untuk menyembuhkan beberapa penyakit sehari-hari. Sebagai milennials, kamu hanya perlu mencoba selama beberapa hari, untuk membuktikan disiplin itu memang bisa membuat kesembuhan.

1. Rutin kompres air hangat untuk mata sakit, jangan malah mengucek-ngucek mata bisa makin parah!

Image result for Rutin kompres air hangat untuk mata sakit

Cara disiplin sederhana yang pertama dan mudah sekali kamu lakukan adalah kompres mata dengan air hangat. Cara ini direkomendasikan dokter mata untuk penyakit mata bintitan, bisul sekitar mata, mata perih dan mata lelah.

Pilih juga handuk bersih tipis yang lembut. Tentu handuk dicelupkan sebentar kedalam air hangat suam-suam kuku. Usapkan lembut tanpa gerakan menekan terlalu banyak dibagian mata yang iritasi.Lakukan beberapa kali setiap hari.

2. Rutin membersihkan wajah sebelum tidur dan melapisi bantal dengan kain lembut membantumu jauh dari jerawat yang membandel

Image result for Rutin membersihkan wajah sebelum tidur

Mendapatkan muka mulus bebas jerawat bisa kamu dapatkan dengan kebiasaan disiplin unik yang satu ini. Setiap malam sebelum tidur, tentu kamu membersihkan muka dari sisa-sisa make up dan kotoran yang masih menyelinap di wajahmu. Kebiasaan ini perlu dilengkapi dengan rutin tidur dengan alas kain bantal yang bersih. 

Rutin beristirahat tidur dengan alas bantal yang bersih bisa bermanfaat mencegah bakteri jerawat mengkontaminasi kulit wajah. Paling lambat ganti alas bantal setiap tiga hari sekali agar kebersihan wajah tetap terjaga dengan mudah.

3. Jeli menakar jumlah porsi makan buah-buahan, dalam kondisi perut kosong membuat kamu jauh dari diabetes dan obesitas

Image result for Jeli menakar jumlah porsi makan buah-buahan

Ada pula kebiasaan disiplin pola makan sehat yang simpel tapi berperan penting mencegah gejala diabetes dan kegemukan (obesitas). Yaitu jeli menakar jumlah porsi makan buah-buahan yang baik sekali dimakan dalam kondisi perut kosong.

Nah, memang benar banyak makan buah-buahan itu bisa membuat badan terasa segar dan kuat. Tapi kamu perlu menerapkan disiplin cara makan buah yang terbaik menurut para pakar.

Situs Huffington Post menyebutkan hasil penelitian pakar gizi dan ahli diabetes asal Amerika bernama Jill Weisenberger yang menarik seputar diabetes, obesitas dan kebiasaan makan buah.

Ternyata cara makan buah yang salah bisa memicu munculnya gejala diabetes dan obesitas. Penyebabnya konon sepele. Yaitu makan buah sepuasnya saat perut kenyang.

Tentu logis jika saat perut kenyang maka gula darah dan kalori dalam kondisi yang cukup untuk tubuh. Tambahan asupan zat gula dan kalori dari buah-buahan pada saat semacam itu, segera membuat lonjakan zat gula dan kalori melebihi kemampuan tubuh untuk mengubahnya jadi energi. Akibat kebiasaan keliru ini muncul gejala diabetes, obesitas, tinggi kolesterol, hingga penyakit hati (liver).

Cara terbaik makan buah untuk cegah diabetes menurut Jill adalah peka, penuh pengertian dan disiplin kepada kondisi diri sendiri. Disiplin pengendalian diri bisa dilakukan dalam metode praktis berikut.

Jika kamu sudah kenyang, itu berarti tubuhmu sudah cukup kalori dan zat gula. Tunggulah sekitar satu hingga dua jam untuk makan buah dalam porsi pas. Tidak masalah makan buah bersama snack, coklat, puding, roti ataupun es krim. Namun harus secukupnya saja. Berhentilah sesaat sebelum perutmu kenyang.

4. Jangan terbiasa mandi saat malam hari bisa mencegah penyakit jantung, osteoporosis dan encok di masa tua

Image result for Jangan terbiasa mandi saat malam hari

Seharian beraktifitas dikantor, berkeringat dan merasa tidak nyaman, tentu saja kamu ingin segera mandi setelah sampai dirumah. Sah saja untuk membersihkan badan, tapi ada rahasia sehat disini. Yaitu disiplin mandi pada waktu yang tepat.

Waktu ideal untuk mandi sebenarnya adalah dini hari hingga sore hari. Yaitu sekitar jam 4 pagi hingga sebelum jam 3 siang. Artinya, alangkah baiknya untuk tidak mandi malam-malam.

Fakta kondisi metabolisme manusia rata-rata menurun setelah matahari terbenam hingga jam satu malam hari. Secara umum metabolisme tubuh akan terganggu oleh kebiasaan mandi malam yang tidak menyehatkan.

Tiga organ yang terpengaruh oleh pola mandi yang tidak sehat adalah jantung, tulang dan kulit. Serangan jantung, pengeroposan tulang (osteoporosis) dan juga penyakit penuaan dini lebih besar terjadi pada seseorang yang rajin mandi saat malam. Cepat keriput, mudah masuk angin, berkurangnya massa tulang dan melemahnya persendian adalah efek nyata akibat mandi tengah malam.

Lebih sehat jika kebiasaan mandi antara pukul 6 sore hingga jam 12 malam ditunda hingga pukul tiga dinihari. Atau cukup membilas bagian tubuh yang kotor dengan air hangat membuatmu lebih nyaman.

5. Rutin lepaskan headset dan matikan hape sebelum mengantuk, untuk bantu pertahankan pendengaran tajam dan kinerja otak

Image result for Rutin lepaskan headset

Sudah banyak generasi milenial yang tahu bahwa setiap hape akan memancarkan gelombang radiasi elektromagnetik ke daerah sekelilingnya. Semakin dekat jarak pakai hape dan keterhubungan dengan tubuh, otomatis akan semakin besar pula dampak radiasi hingga mencapai 60 persen. Sayangnya banyak millennials yang senang tertidur saat masih memakai hape masih aktif menyala. Termasuk memakai headset dan perangkat game lain turut mempengaruhi otak.

Beberapa penelitian mencatat munculnya beberapa penyakit telinga dan saraf otak terkait hal ini cukup penting untuk kamu ketahui. Pertama, penelitian Institut Karolinka di Swedia terhadap 750 orang menyebutkan terjadi 390 persen peningkatan gejala acoustic neuroma yang menurunkan kemampuan mendengar.

Juga penelitian WHO menyebut peluang risiko tumor telinga meningkat 400 persen setelah 10 tahun memakai telepon genggam. Penelitian di Inggris juga menambahkan efek radiasi elektromagnetik dari telepon genggam dapat melemahkan saraf otak.

Cukup banyak efek negatif masih memakai headset dan hape saat tidur, bukan? Apa lagi penyakit tuli, pikun, lemah kinerja otak termasuk tipe penyakit menua (degeneratif) yang sulit dicegah, tapi dapat ditunda dan diminimalkan sejak usia muda. Jadi jangan tunda lagi untuk segera melepaskan headset dan mematikannya saat kamu amat mengantuk.

Sayangilah dirimu selagi masih muda dan orang muda tentu lebih mudah melakukan pola hidup sehat dengan disiplin. Jangan sampai kamu menyesal. (***)

Sumber : IDNTIMES



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait